Profil Prodi

Program Studi Magister (S2) Teknologi Pembelajaran (TP) ini berada di bawah naungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY). Prodi S2 TP PPs UNY diselenggarakan secara resmi mulai Tahun 2002 berdasarkan SK Ditjen Dikti Depdiknas No. 778/D/T/2002 Tanggal 23 April 2002. Prodi S2 TP PPs UNY menempati kampus yang beralamat di Karangmalang Yogyakarta. Pada saat ini Prodi S2 TP PPs UNY terakreditasi A dari BAN-PT berdasarkan SK no: 218/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/2013 yang berlaku hingga hingga 26 Oktober 2018.

Prodi S2 TP PPs UNY memiliki 11 orang dosen tetap yang kesemuanya bergelar Doktor dan 5 orang diantaranya telah memegang jabatan fungsional Guru Besar (Profesor), 4 orang Lektor Kepala dan sudah memiliki sertifikat pendidik (dosen), dan 2 orang memiliki jabatan Lektor. Para dosen tersebut memiliki kompetensi dalam bidang-bidang disiplin limu yang relevan dengan mata kuliah yang mereka bina. Berbekal Guru Besar dan Lektor Kepala yang menyandang gelar akademik Doktor yang terlibat aktif dalam keseluruhan proses belajar mengajar dan pengelolaan program studi, maka Prodi S2 TP PPs Universitas Negeri Yogyakarta sungguh-sungguh memiliki kualifikasi dan kualitas yang sangat memadai untuk menunjang visi, misi, dan tujuannya.

Kurikulum Prodi S2 TP PPs UNY terdiri atas mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan.  Secara keseluruhan kurikulum terdiri atas 16 mata kuliah dengan jumlah kredit semester sebesar 39 SKS ditambah 2 mata kuliah Bahasa Inggris dengan kredit semester 0 SKS. Proses pembelajaran terdiri atas kuliah tatap muka, pemberian tugas, dan belajar mandiri serta online (e-learning).

Komunikasi dan interaksi akademik antar sivitas akademika berjalan lancar secara dua arah, antar pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa. Kelancaran komunikasi antar pengelola dan staf didukung dengan adanya pertemuan periodik. Untuk membantu akses informasi dan kelancaran studi mahasiswa, PPs menyediakan jaringan Internet (LAN dan Wifi), sistem informasi akademik, sistem email, sistem e-learning. Sistem pembayaran uang kuliah yang sangat fleksibel, baik untuk pembayaran kolektif maupun perorangan sangat membantu mahasiswa yang sebagian berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah.

Proses penyusunan tesis diperhatikan oleh pengelola program studi, sejak mulai dari pemilihan permasalahan yang akan dipecahkan, tema, judul, penentuan pembimbing sesuai dengan bidang keahliannya, seminar proposal, dan proses penelitiannya. Pada proses bimbingan tesis mahasiswa diminta selalu membawa kartu bimbingan untuk mencatat kemajuan bimbingannya. Secara periodik, pimpinan program studi juga mengumpulkan mahasiswa yang sedang menyelesaikan tesis untuk dimonitoring kemajuan tesisnya.

 

MASTER OF EDUCATION IN INSTRUCTIONAL TECHNOLOGY

The Master of Education in Instructional Technology (MEIT) is an advanced instructional technology program designed to meet the rapidly increasing demand for educators to integrate computer technologies into the curriculum and instruction. The emphasis of this program is to prepare educators who can create learning environments that integrate computers into the teaching and learning process. The program has been accredited by The National Accreditation Board of Higher Education with level A (highest).

The MEIT graduates will have competencies as:

  • Educators and researchers in the area of ​​instructional technology
  • Interactive Multimedia developers
  • E-learning developers
  • Learning resources managers

Program delivery:

Courses in the MEIT program are offered on-campus using blended learning strategy which is a combination of face-to-face lectures, laboratory and project works, field experience, online activities, course web sites (e-learning), and e-mail. The program can be completed on a full-time basis with classes offered in two academic semesters and one short semester. The total credits to be completed within 4 semesters are 39 credits.