Program Studi

PPs UNY menawarkan 16 prodi yang terdiri dari 11 prodi berjenjang S-2 dan 5 prodi berjenjang S-3. Hampir seluruh prodi yang ada terkait dengan bidang pendidikan. Hal ini menunjukkan kepedulian PPs UNY dalam bidang pendidikan. Dari 16 prodi tersebut, prodi S-2 PEP, MP, LT, IK, PTK, TP, dan Prodi S3 PEP dan PTK telah mendapatkan akreditasi A (Unggul).

 

PRODI BERJENJANG S-3 (Doktor)


1. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan* (PEP)

    Lulusan Prodi ini diarahkan untuk dapat memiliki Kompetensi dalam pengembangan dan penerapan metodologi asesmen, evaluasi dan penelitian pendidikan.

Konsentrasi:

  1. Pengukuran dan Pengujian
  2. Metodologi Penelitian
  3. Metodologi Evaluasi

2. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan* (PTK)

    Kurikulum prodi ini dirancang agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengembangkan pendidikan teknologi dan kejuruan, vokasi dan profesi yang berwawasan global.

Konsentrasi:

  1. Manajemen Pendidikan Kejuruan
  2. Ketenagaan Pendidikan Kejuruan

3. Ilmu Pendidikan (IP)

     Lulusan prodi ini dirancang untuk memiliki kompetensi dalam berbagai teori pendidikan guna melakukan analisis kritis terhadap kebijakan pendidikan dan persekolahan.

Konsentrasi:

  1. Ilmu Keolahragaan
  2. Pendidikan Matematika
  3. Teknologi Pembelajaran
  4. Pendidikan Dasar
  5. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
  6. Pendidikan IPA

4. Manajemen Pendidikan (MP)

Lulusan prodi ini akan menghasilkan sarjana paripurna yang memiliki integritas dan kemampuan yang tinggi dalam menciptakan berbagai gagasan baru, dan juga menghasilkan peneliti yang profesional dan andal dalam memecahkan berbagai permasalahan sosial. Para lulusan ini bukan saja potensial sebagai pemasok gagasan dan informasi, konsep, teori, dan metodologi, tetapi juga mampu berperan aktif dalam pembangunan, terutama sektor Manajemen Pendidikan.

5. Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB)

Penyelenggaraan program studi ini dirancang untuk (1) menghasilkan lulusan yang bermutu, yang memiliki kemampuan meneliti dan mengembangkan konsep-konsep baru dalam bidang kebijakan dan pengelolaan pendidikan bahasa nasional, bahasa daerah, atau bahasa asing, serta mampu mengimplementasikannya secara profesional dalam berbagai lembaga pendidikan tingkat lokal, nasional, regional, atau internasional; dan (2) meningkatkan perkembangan ilmu pendidikan bahasa.

Konsentrasi:

  1. Pendidikan Bahasa Indonesia
  2. Pendidikan Bahasa Daerah
  3. Pendidikan Bahasa Asing

 

PRODI BERJENJANG S-2 (Magister)


1. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan* (M.Pd.)

Kurikulum prodi ini dirancang untuk menyiapan magister yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan metodologi dan melakukan penelitian dan evaluasi berbagai kebijakan pendidikan, merancang instrumen penelitian dan evaluasi sesuai kebutuhan, dan melakukan analisis yang sahih menggunakan statistik.

Konsentrasi:

  1. Evaluasi
  2. Pengukuran dan Pengujian

 

2. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan* (M.Pd.)

Lulusan prodi ini diharapkan memiliki kemampuan merancang dan mengelola kurukulum pendidikan teknologi dan kejuruan yang efektif dalam ranah pengembangan dan pengelolaan diklat atau kewirausahaan. Pemahaman akan teknologi informasi dan komunikasi dan pemrograman komputer akan mempertajam kemampuan merancang kurikulum PTK yang ditekuni.

Konsentrasi:

  1. Diklat Kejuruan
  2. Pendidikan Kewirausahaan
  3. Information and Communication Technology (ICT)
  4. Pendidikan Vokasi Teknik Mesin
  5. Pendidikan Vokasi Teknik Otomotif
  6. Pendidikan Vokasi Teknik Listrik
  7. Pendidikan Vokasi Teknik Elektronika
  8. Pendidikan Vokasi Teknik Bangunan/Sipil
  9. Pendidikan Vokasi Teknik Informatika
  10. Pendidikan Vokasi Teknologi Boga
  11. Pendidikan Vokasi Teknologi Busana

 

3. Manajemen Pendidikan* (M.Pd.)

Tujuan utama prodi ini adalah memproduksi lulusan yang memiliki kompetensi dan profesionalisme dalam mengelola pendidikan tinggi maupun menengah yang berkualitas. Pemahaman dan ketrampilan melakukan manajemen strategik, manajemen mutu terpadu, manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen berbasis sekolah merupakan beberapa di antara pengetahuan dan ketrampilan yang digarap selama perkuliahan.

Konsentrasi:

  1. Kelembagaan Pendidikan
  2. Ketenagaan Pendidikan

 

4. Pendidikan Luar Sekolah (M.Pd.)

Prodi ini mengantarkan lulusan agar memiliki kompetensi untuk mengelola SDM melalui jalur pendidikan luar sekolah dan pendidikan informal yang efektif. Teori-teori pengembangan masyarakat, manajemen sumber daya manusia dan pengelolaan pendidikan luar sekolah merupakan inti dari kurikulum yang ditawarkan.

Konsentrasi:

  1. Pengembangan Masyarakat
  2. Pengembangan Sumber Daya MAnusia (SDM)
  3. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  4. Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat

 

5. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (M.Pd.)

Lulusan prodi ini dirancang untuk memiliki perspektif lokal-global dan untuk benar-benar memahami interaksi manusia dengan lingkungannya sehingga mampu mengembangkan kurikulum IPS terpadu yang efektif dalam rangka pengembangan SDM Indonesia.

Konsentrasi: 

  1. IPS Terpadu
  2. Pendidikan Karakter
  3. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
  4. Pendidikan Geografi
  5. Pendidikan Ekonomi
  6. Pendidikan Sosiologi

 

6. Linguistik Terapan* (M.Pd./M.Hum.)
     Kurikulum prodi ini dirancang untuk memproduksi lulusan yang kompeten dalam melakukan berbagai pengkajian bahasa yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa atau penerjemahan.

Konsentrasi: 

  1. Pendidikan Bahasa Indonesia
  2. Pendidikan Bahasa Daerah
  3. Pendidikan Bahasa Inggris
  4. Pendidikan Bahasa Asing
  5. Pendidikan Bahasa dan Sastra
  6. Penerjemahan
  7. Pendidikan Seni

 

7. Teknologi Pembelajaran* (M.Pd.)

Lulusan prodi Teknologi Pembelajaran S2 PPs UNY adalah Magister Pendidikan (M.Pd.) yang memiliki kompetensi sebagai:

  -  Instructional designer,
  -  Multimedia developer,
  -  E-learning developer,
  -  Learning resources manager,

  -  Trainer and researcher dalam kawasan teknologi pembelajaran.

Strategi pembelajaran menggunakan Blended Learning, yang meliputi:

  - Tatap muka (Kuliah/praktikum, Tugas, Proyek, Presentasi/Diskusi)
  -  Online (e-learning) http://besmart.uny.ac.id (Materi/resources online, Quiz/assigment, Video conference, Forum  Diskusi/Chat)
  -  Pengalaman Lapangan (Praktek TP, Study banding, Penelitian)

Lihat Info Selengkapnya di http://www.elearning-diy.org/tp/

 

8. Pendidikan IPA (M.Pd.)

Kurikulum prodi ini dirancang agar lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan pembelajaran IPA yang menyenangkan dan efektif. Lulusan juga dibekali dengan keterampilan pembelajaran IPA yang dicapai melalui praktikum-praktikum. Mulai tahun Akademik 2010/2011 PPs UNY membuka 4 konsentrasi dalam Prodi Pendidikan IPA (S2), 4 konsentrasi tersebut adalah:

  1. Pendidikan IPA
  2. Pendidikan Biologi
  3. Pendidikan Fisika
  4. Pendidikan Kimia

 

9. Pendidikan Matematika (M.Pd.)

Kurikulum prodi ini dirancang agar lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan efektif. Lulusan juga dibekali dengan keterampilan pembelajaran matematika yang dicapai melalui praktikum-praktikum.

 

10. Ilmu Keolahragaan* (M.Or.)

Prodi ini merancang kurikulum untuk menghasilkan lulusan yang memiliki komitmen yang tinggi pada potensi olahraga sebagai wahana pengembang prestasi olah raga dan kualitas manusia Indonesia.

Konsentrasi:

  1. Olahraga Usia Dini
  2. Olahraga Kesehatan

 

11. Pendidikan Dasar (M.Pd.)

Prodi ini merancang kurikulum agar menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengembangkan kurikulum pendidikan dasar pada umumnya serta dalam konsentrasi-konsentrasi bahasa Indonesia, sains, matematika dan IPS.

Konsentrasi:

  1. Pendidikan Dasar
  2. Bimbingan Konseling

*) terakreditasi unggul