Dosen TP PPs UNY Presentasikan E-learning di Barcelona

Kemajuan teknologi informasi membawa dampak yang luar biasa dalam bidang pendidikan, termasuk memperkuat pendidikan jarak jauk melalui e-learning. Konten e-learning yang berupa multimedia memudahkan siswa dalam belajar, tak terkecuali animasi yang mampu menyajikan materi abstrak dan kompleks dengan jelas.

Topik tersebut pun mengantarkan dosen Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Herman Dwi Surjono, menjadi pemateri dalam ajang “The 9th International Conference on Education Technology and Computers (ICETC 2017)” yang dihelat di Barcelona 20 – 22 Desember 2017. Dalam kesempatan tersebut Herman menyajikan makalah berjudul “The Effects of Various Animation-Based Multimedia Learning in e-Learning Course”.

Guru Besar FT dan Ketua Prodi S2 Teknologi Pembelajaran UNY tersebut menjelaskan bahwa makalah yang dipresentasikan merupakan hasil penelitian tentang pengaruh berbagai animasi dalam multimedia pembelajaran yang digunakan dalam e-learning. Animasi disertai dengan narasi yang relevan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman materi pembelajaran.

Forum ICETC 2017 diselenggarakan atas kerjasama The International Association of Computer Science and Information Technology (IACSIT) dengan University of Barcelona dan University of Westminster serta University of Hertfordshire, UK. Kegiatan tahunan tersebut dimaksudkan sebagai sarana bagi para ilmuwan dan peneliti untuk bertukar pikiran dan menyajikan hasil penelitian, ide baru serta pengalaman yang berkaitan dengan teknologi pembelajaran, aplikasi komputer dalam pendidikan dan e-learning.

Paper yang lolos seleksi dan dipresentasikan dalam konferensi tersebut akan diterbitkan di International Conference Proceedings Series by ACM (ISBN: 978-1-4503-5435-6) yang diarsip dalam the ACM Digital Library. Di samping itu, paper akan diindex oleh Scopus, Ei Compendex, Thomson Reuters (ISI Web of Science) dan lain-lain.

Dalam konferensi tersebut, Herman yang tercatat sebagai Senior Member ACSIT dan ACM itu juga dipercaya sebagai Technical Committee yang bertugas mereview paper dan sebagai Session Chair yang menjadi moderator dalam sesi parallel. Herman merasa senang dapat membawa nama UNY di kancah internasional serta menjalin jaringan dengan para peneliti tingkat dunia (sumber: http://uny.ac.id).