UNY Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan NCU Taiwan

Kerjasama UNY dan NCU

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) semakin melebarkan sayap kerjasamanya dengan sebuah universitas di Negeri Naga Kecil, Taiwan, yaitu National Central University (NCU). Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran (TP) PPs UNY dengan Graduate Institute of Network Learning Technology, NCU tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat RKU pada Senin (18/11/2013) dengan dihadiri oleh Rektor UNY beserta jajarannya dan delegasi dari NCU.

Perwakilan dari NCU yang hadir dalam penandatanganan tersebut yaitu Prof. Tak-Wai Chan selaku Director of Research Center for Science and Technology for Learning dan Chair Professor of Graduate Institute of Network Learning Technology, Prof. Jie-Chi Yang selaku Professor & Head of Graduate Institute of Network learning Technology, dan Assoc. Prof. Ying-Tien Wu, selaku Associate Professor of Graduate Institute of Network Learning Technology.

Penandatanganan MoA yang dilakukan oleh Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. selaku Rektor UNY, Herman Dwi Surjono, Ph.D. selaku Kaprodi S2 Teknologi Pembelajaran PPs UNY, dan Prof. Jie-Chi Yang dari NCU pun berjalan dengan lancar. Memorandum of Agreement (MoA) tersebut merupakan perjanjian kerjasama pelaksanaan Dual Gegree tingkat Master antara Graduate Institute of Network Learning Technology NATIONAL CENTRAL UNIVESITY, R.O.C dengan Instructional Technology Graduate School YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY, INDONESIA.

Dalam kesempatan tersebut, Rochmat Wahab menyampaikan bahwa rencana kerjasama antara kedua institusi sudah dirintis sejak delegasi dari UNY yang diantaranya adalah beliau melakukan visitasi ke NCU. Oleh karena itu, kesempatan ini merupakan waktu yang sangat baik bagi kedua institusi untuk saling membicarakan bentuk kerjasama lainnya secara lebih detil seperti student exchange, staff exchange, dan joint-publication.

Merespon sambutan tersebut, Prof. Tak-Wai Chan juga menyatakan kebahagiaannya karena dapat berkolaborasi dan membahas kerjasama secara lebih jauh. Beliau juga memperkenalkan NCU sebagai sebuah universitas yang mumpuni dan telah melakukan beragam penelitian terkait dengan e-learning. Oleh karena itu, nantinya kerjasama dalam bidang ini sangat mungkin dan baik untuk dilakukan. Sementara itu, Prof. Jie-Chi Yang berharap agar setelah MoA ini ditandatangani, hubungan kerjasama antara UNY dan NCU bisa semakin erat.

Setelah melakukan penandatanganan MoA, pada hari itu juga delegasi NCU juga melakukan diskusi kerjasama dengan Prodi S2 Teknologi Pembelajaran PPs UNY dan memberikan kuliah umum di depan mahasiswa PPs UNY sebelum bertolak kembali ke Taiwan. (tw)