Pelatihan Power Point untuk Ujian Tesis/Disertasi

Pelatihan Power Point untuk Ujian Tesis/Disertasi

Prodi S2 Teknologi Pembelajaran (TP) PPs UNY mengadakan pelatihan power point untuk seluruh mahasiswa yang akan ujian tesis/disertasi. Pelatihan ini  dilaksanakan pada Jumat (31/10/2014) di Laboratorium PPs UNY, dan diikuti oleh 20 mahasiswa S2 dan S3. Narasumber dalam pelatihan ini adalah Herman Dwi Surjono, Ph. D, Dr. Ali Muhtadi, M. Pd, dan Dian Wahyuningsih, M. Pd.

Pada sesi pertama  difasilitasi oleh Herman Dwi Surjono, Ph.D. Dalam materinya beliau memaparkan tentang bagaimana membuat slide power point yang baik untuk ujian tesis/disertasi. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti pelatihan power point tersebut karena dikemas dalam format yang sangat menarik. Materi yang dipaparkan terkait dengan bagaimana langkah dalam presentasi, penggunaan warna, pentingnya visual, ciri-ciri slide yang baik, dan contoh presentasi yang buruk. Peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan ataupun tanggapan mengenai materi tersebut. Pada sesi terakhir diputar contoh video perentasi yang buruk sehingga mahasiswa dapat  gambaran yang jelas bagaimana mendesain power point yang menarik.

Pada sesi kedua yang difasilitasi oleh Dr. Ali Muhtadi, M. Pd, materi yang disampaikann lebih ke prinsip-prinsip mendesain tampilan power point dalam pembelajaran. Dalam paparan yang dikemas dengan singkat, padat, dan berisi tersebut para mahasiswa dapat melihat contoh bagaimana mendesain power point yang menarik ketika ingin ujian tesis/disertasi. Dalam sesi ini mahasiswa masih antusias dalam mengikuti pelatihan ini.

Pada sesi terakhir Dian Wahyuningsih, M.Pd mengajak para mahasiswa untuk mempraktekkan bagaimana mendesain power point yang menarik untuk ujian tesis/disertasi. Semua peserta diarahkan dalam mendesain slide power point yang menarik. Peserta yang merasa kesulitan dapat dibantu dengan mahasiswa lainnya. Para mahasiwa mengharapkan pelatihan power point ini dapat dilaksanakan kembali, mengingat antusias dari para mahasiswa yang sangat luar biasa. (Ayhu Ibhe)