Mahasiswa TP dan PTK PPs UNY Gelar Pameran Multimedia Pembelajaran Interaktif

Mahasiswa Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran (TP) bersama mahasiswa Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) mengadakan pameran multimedia pembelajaran interaktif yang digelar pada Rabu (18-06-2014) bertempat di aula Program Pascasarjana UNY. Pameran ini sebagai sarana untuk memamerkan produk akhir dari tugas kuliah multimedia pembelajaran.

“Pameran ini adalah upaya saya sebagai pengampu mata kuliah multimedia pembelajaran agar tugas akhir mahasiswa yang berupa produk multimedia pembelajaran benar-benar berupa produk yang berkualitas dan layak dipamerkan ke publik”, kata Herman Dwi Surjono, Ph.D dalam sambutannya.

Beliau menyampaikan bahwa pameran multimedia pembelajaran ini merupakan yang pertama dan kedepannya akan dilaksanakan secara rutin setiap akhir semester. Pameran ini selain untuk memotivasi mahasiswa agar benar-benar menghasilkan karya yang bagus, juga sebagai pengganti ujian akhir semester. Pada kesempatan ini ada 19 orang mahasiswa PTK dan 12 orang mahasiwa TP yang memamerkan hasil produk multimedianya.

“Ini merupakan ide yang kreatif dari seorang dosen, saya sangat senang dengan pameran ini. Selain menambah motivasi bagi saya, juga produk multimedia pembelajaran yang saya buat merasa benar-benar dihargai. Biasanya hasil karya mahasiswa itu hanya menjadi pajangan di almari saja, tapi dengan adanya pameran ini karya saya bisa dinikmati oleh banyak orang”, ujar Lalu Wirya Artapati mahasiswa Teknologi Pembelajaran yang dalam kesempatan tersebut produk multimedianya dipamerkan.

Sedikitnya 300 pengunjung yang datang pada pameran tersebut, baik yang dari kalangan mahasiswa, karyawan, dan dosen Pascasarjana maupun pegiat pendidikan dari luar UNY. Tidak luput juga mahasiswa pertukaran pelajar dari Burapha University, student exchange programe in language and culture 2014, Thailand hadir dalam pameran tersebut. Mereka sangat antusias melihat satu per satu produk multimedia pembelajaran para mahasiswa.

Acara yang berlangsung mulai jam 10.00 dan di tutup jam 15.00 ini dibuka oleh Asisten Direktur II PPs UNY, Prof. Dr. Muhyadi. Turut hadir pula beberapa ketua dan sekretaris prodi PPs UNY. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi acara tersebut dan mendorong agar kegiatan ini dimasukkan dalam program RKPT. Acara yang cukup besar ini tidak banyak bergantung pada anggaran Pascasarjana, karena acara tersebut lebih banyak mengandalkan swadaya dan sukarela terutama dari dosen dan penanggungjawab acara. (Mastur)