Kunjungan Pascasarjana Unnes ke PPs UNY

unnes

“Budaya sopan santun harus menjadi pola perilaku semua civitas akademika Pascasarjana UNY. Sopan dalam memberikan kritik dan saran serta santun dalam bertindak. Sopan santun diwujudkan dalam bentuk pelayanan smart and smile. Smart pikiran, hati dan keterampilannya serta smile wajah, perilaku dan karakternya”. buka Prof. Dr. Marsigit, M.A mengawali acara kunjungan dari delegasi Universitas Negeri Semarang (UNNES) dalam rangka rintisan kerjasama dan curah pendapat tentang pengelolaan dan manajemen Pascasarjana.

Sejumlah 15 delegasi yang hadir disambut oleh Direktur, Wadir I dan II, Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan, Kerjasama dan Humas, Penjamu, Publikasi dan Jurnal, dan Kasubbag TU PPs UNY. Rombongan UNNES dipimpin oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Mawa, Prof. Dr. Totok Sumaryanto Florentinus, M.Pd. mengutarakan tujuan rombongannya ke PPs UNY untuk curah pendapat dan memulai rintisan kerjasama dalam bidang jurnal dan publikasi.

Dalam diskusi dan tanya jawab, Dr. Sugito, M.A selaku Wakil Direktur I menjelaskan bahwa Pascasarjana telah memberikan fasilitas kepelatihan menulis jurnal untuk mahasiswa. Saat ini, Pascasarjana telah memiliki 2 koordinator terkait jurnal yaitu bidang kepenulisan dan publikasi jurnal yang siap membantu mahasiswa. Berbagai fasilitas diberikan untuk mendukung mahasiswa Pascasarjana dalam memperpendek masa studi dengan tetap menghasilkan lulusan yang baik secara imtaq dan ipteknya.

Pascasarjana memiliki banyak program besar untuk meningkatkan reputasi akademik. Salah satunya yaitu melalui riset dan publikasi internasional, tambah Sugito. Pada tahun 2019 ini, UNY akan banyak mengadakan seminar internasional yang terindeks scopus dan pengembangan jurnal terakreditasi milik UNY. Dalam kepemimpinannya, Prof. Marsigit menerapkan kepemimpinan yang transformatif, partisipatif dan kolegial yang diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi Pascasarjana dengan semangat gotong royong seluruh civitas akademika. (ant)