Kuliah Umum Mahasiswa Teknologi Pembelajaran PPs UNY

.

Kamis, 20 Oktober 2016, Pukul 09.00 WIB, Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPS UNY) mengadakan kuliah umum web pembelajaran dengan tema Merancang Produk Digital. Kuliah umum ini dilaksanakan di gedung baru Lt. 3 Aula PPS UNY. Tujuan diadakan kuliah umum ini adalah agar mahasiswa PPS TP UNY memiliki wawasan untuk membuat suatu web pembelajaran.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. selaku Kaprodi S2 TP dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program StudiĀ  S2 Teknologi Pendidikan PPS UNY. Pembicara pada perkuliahan umum kali ini adalah lulusan Teknik Informatika UNY yaitu Korniawan Prabowo yang berasal dari Pulau Dewata atau Pulau Bali. Selain alumni UNY beliau juga seorang praktisi dalam web development.

Adapun materi yang disampaikan oleh pembicara kali ini adalah bagaimana mengembangkan suatu produk digital yang bermanfaat bagi masyarakat dan diri kita sendiri. Hal ini didasari bahwasanya kita sekarang sudah masuk di era digital. Di era digital ini semua serba harus bersifat digitalisasi dan mempermudah dalam pengaksesan suatu informasi, baik tujuan interpreneur ataupun untuk tujuan yang lain.

Korniawan Prabowo atau sering dipangil Mas Korniawan, menjelaskan bahwasanya tahapan yang paling mahal atau yang paling penting dalam pembuatan produk digital adalah pada tahapan penemuan suatu ide gagasan. Ide gagasan ini sangat penting karena ide gagasan inilah yang akan menjadikan produk kita menjadi berbeda dengan produk yang lain. Selain itu ide gagasan ini akan menentukan bagaimana desain produk digital itu akan dibuat.

Penemuan ide haruslah bersifat problem solving serta harus didasari dari suatu observasi atau riset tertentu. Karena dalam hal ini merupakan produk digital maka observasi dan riset pun harus dilakukan secara digital. Baik melalui data data stastistik yang disediakan oleh google atau dari data stastistik yang lain. Selain itu, observasi atas fitur-fitur dalam sebuah web harus dilakukan karena nantinya akan menambah referensi akan desain produk yang akan dibuat agar User Intarfaces menarik dan mempermudah dalam pengoperasianya.

Digital Produk yang dimaksud dalam perkulihaan tersebut adalah berupa Website atau Mobile Apps. Kedua produk tersebut harus didesain sedemikian rupa agar mudah diakses dan sering dikunjungi. Untuk membuatnya sendiri Mas Korniawan menyarankan agar membentuk suatu tim, tim tersebut terdiri dari Hacker selaku Tachnical, Hipster selaku Design dan Hustler selaku Business. Pembuatan tim ini dilakukan dengan maksud agar penggelolaan dan manajement suatu produk digital dapat dilaksanakan dengan baik.

Diakhir perkuliahan umum ini, Mas Kurniawan menyampaikan kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk mendesain dan mengembangkan suatu produk digital kita diwajibkan untuk berfikir Out Of The Box. Dengan berfikir secara Out Of The Box diharapkan produk tersebut unik dan mudah dikenal oleh user. Jadi untuk mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah pengembangan web haruslah mengarahkan produknya nanti menjadi suatu produk yang dapat dinikmati dan dirasakan kebermanfaatnya oleh penguna atau pengunjung web. (Galih Pranowo/GP 2016)