You are here

Dua Dosen dari the University of Minnesota, USA Beri Training di PPs UNY

Program Pascasarjana UNY mendapat giliran terakhir untuk menggelar One Day Training (ODT) yang merupakan rangkaian kegiatan yang digagas KUIK UNY bekerjasama dengan the University of Minnesota, USA bagi dosen dan mahasiswa di UNY. ODT di PPs UNY digelar pada Jumat (3/06/2016) dan diikuti oleh dosen pengelola PPs UNY serta mahasiswa S2 dan S3 dengan total peserta 90 orang. Hadir dua pemateri yaitu, Jenice Rowekamp dan Margaret Miller yang menyampaikan materi tentang Academic Writing: How to Avoid Plagiarism, Journal Writing 1-1 Consultation, dan Academic Presentation Skills.

Workshop academic writing yang disampaikan oleh Jenice Rowekamp, diikuti oleh dosen pengelola PPs UNY dan mahasiswa S3. Pada sesi ini, para peserta diwajibkan membawa laptop dan artikel yang sudah siap untuk di-review. Kelas Jenice dilanjutkan dengan Journal Counsultation. Peserta yang didominasi oleh dosen tersebut memanfaatkan kesempatan untuk berkonsultasi mengenai artikel yang akan dipublikasikan di jurnal internasional.

Di waktu yang sama, kelas Margaret Miller digelar menjadi 3 sesi yaitu, sesi 1 08.00 - 09.30 WIB, sesi 2 10.00 - 11.30 WIB, dan sesi 3 13.00 - 14.30 WIB. Di masing-masing sesi hanya bisa diikuti oleh 20 peserta mahasiswa S2. Materi academic presentation skills yang disampaikan Margaret bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam presentasi akademik dan public speaking dalam bahasa inggris.

Materi yang menuntut kreatifitas mahasiswa tersebut menjadi sangat menarik. Mayoritas peserta dan anggota KMP mempresentasikan budaya Indonesia seperti tarian daerah, rumah adat, makanan tradisional, permainan tradisonal, baju adat, dan pariwisata yang ada di Indonesia. Margaret sangat antusial mendengarkan hasil presentasi para anggota KMP, bahkan ia pun ikut menari tarian daerah bersama para peserta.

Alimumuddin, S.Or salah satu peserta sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kegiatan academic presentation skill merupakan kegiatan yang bernilai positif utamanya untuk mahasiswa pascasarjana.

“Kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kita pelajaran baru tentang bagaimana menjadi pembicara yang baik utamanya bahasa Inggris” ujarnya.

Dengan ekspresi sangat gembira, Margaret mengucapkan terima kasih atas partisipasi para peserta karena dalam kegiatan ini terjalin saling berbagi ilmu. Diakhir kegiatan, Margeret meminta untuk foto bersama dengan para peserta dan anggota KMP. (HUMAS KMP UNY/Sinta)

 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039) dan Endah (08156895978)